pesan hotel yuk

Kecantikan Riam Madakaripura



Kecantikan Riam Madakaripura . Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari gurun pasir Gunung Bromo, tepatnya hanya sekitar 45 menit ke arah Probolinggo. Nama tempat wisata ini ialah riam Madakaripura. Menurut penduduk setempat nama ini diambil dari kisah pada jaman dahulu, konon Patih Gajah Mada menghabiskan selesai hayatnya dengan bersemedi di air tejun ini. Cerita ini didukung dengan adanya arca Gajah Mada di tempat parkir area tempat wisata ini.

Untuk mencapai tempat wisata ini tidak terlalu sulit. Sebaiknya bila berkunjung ke tempat wisata ini dilakukan bila Anda sekaligus akan mengunjungi Gunung Bromo dari arah Probolinggo dikarenakan jalur yang ditempuh searah dengan perjalanan menuju Gunung Bromo. Selain itu sebaiknya Anda berkunjung pada pagi hari. Untuk mencapai area tempat wisata Air Terjun Madakaripura ini sanggup dicapai dengan kendaraan langsung atau Anda sanggup menyewa kendaraan beroda empat dari Probolinggo. Anda hanya perlu membayar Rp 150.000,- pp ditambah supir. Jika Anda tiba dari arah Probolinggo, maka sesampainya di Desa Sukapura Anda hanya perlu belok kanan dan akan melewati jalan aspal dengan suguhan pemandangan pada bagaian kiri kanan berupa gunung tinggi yang menyegarkan mata. Kurang lebih sesudah sekitar 5 Km melaksanakan perjalanan, Anda akan bertemu dengan pintu masuk daerah wisata riam Madakaripura yang ditandai dengan tempat parkir yang luas dan patung Gajah Mada. Disini, banyak penduduk lokal yang memperlihatkan diri menjadi ‘guide’ yang akan menemani sambil menceritakan sejarah objek wisata air terjun  ini. wisata lombok


Selanjutnya Anda harus berjalan kira – kira 15 menit perjalanan dengan melewati jalan setapak yang terbuat dari semen dan berbatu sehingga dikala kondisi lembap jalan yang akan Anda tempuh tidak akan licin. Saat berjalan kaki ini Anda akan disuguhi pemandangan indah dan menyejukkan, di samping kanan terdapat anutan sungai berbatu – watu dan diapit tebing tinggi dengan pepohonan lebat beserta iringan kicauan burung dan derikan kumbang. Terkadang di beberapa bab jalan, terhalang oleh pohon rubuh atau ada bekas longsoran, meskipun demikian jalan ini relatif datar dan sanggup dilewati dengan mudah. Jika Anda merasa lelah, terdapat beberapa tempat di sepanjang jalan yang sanggup dipakai untuk duduk beristirahat.


Saat tiba di lokasi air terjun, Anda akan menemukan warung – warung kecil, pos penjaga dan toilet. Disana terdapat pula penyewaan payung bila Anda tidak ingin terlalu lembap kuyup. Air terjun ini berawal dari air yang mengalir dari tebing memanjang dan membentuk tirai, sehingga Anda sanggup berpayung ria berjalan di bawahnya. Di ujun air terjun, Anda akan bertemu dengan sebuah ruangan berbentuk bundar berdiameter kira – kira 25 meter.

Berdiri di dalam ruangan alam ini Anda akan merasa seolah berada di dasar sebuah tabung, dimana terdapat riam dengan ketinggian sekitar 200 meter ditambah limpahan air yang jatuh dengan derasnya dari atas dan berkembang menjadi selembut  kapas ke bak berwarna kehijauan. Air yang jatuh di bak ini menyebabkan suara yang berirama, terkadang suara yang ditimbulkannya lebih keras dikarenakan air yang jatuh lebih deras. Keunikan dan kesegaran riam ini menciptakan kita betah berlama – usang memandangnya.


Untuk Anda  penggemar fotografi, lokasi ini sanggup menjadi obyek yang saying untuk dilewatkan, mulai dari pintu masuk kedatangan  hingga suasana riam yang seolah dalam tabung. Tetapi Anda perlu selalu bersikap waspada, alasannya ialah bila terjadi longsor atau banjir, maka Anda yang berada di dasar tabung tersebut akan terperangkap. Untuk mengantisipasi hal tersebut pihak pengelola riam Madakaripura ini dikala melihat kondisi diperkirakan akan terjadi longsor atau banjir, daerah objek wisata Air Terjun Madakaripura ini akan ditutup untuk sementara.

Setelah menikmati dinginnya cuaca di sekitar air terjun, Anda sanggup menikmati minuman panas di warung yang ada di akrab riam sebelum berjalan kaki menuju tempat parkir. Secara umum tempat ini telah dikelola dengan cukup baik beberapa contohnya, yaitu jalan yang dilalui ialah jalan aspal yang mulus, jalan setapak yang nyaman, kemudahan umum yang memadai ibarat kamar mandi, mesjid dan tempat parkir. Namun, kurangnya informasi mengenai tempat ini dan jaminan keamanan yang belum ada menyebabkan jarang orang tahu dan mau berkunjung ke daerah wisata ini.


Kecantikan Riam Madakaripura Kecantikan Riam Madakaripura Reviewed by agus on 12:46 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.