pesan hotel yuk

Mengemil Lumpia Rendang Padang










Garpu koki Agus Nasution menyobek kulit lumpia pelan-pelan. Kraaak…. Bunyi gabungan tepung terigu goreng yang retak menggelitik selera makan. Bau daging merah bercampur rempah-rempah dan santan pribadi mengudara di lantai 11 Restoran Skyline.

“Ini daging rendang. Jadi, nama sajian ini ialah lumpia rendang,” kata si di Restoran Skyline, Hotel Ibis Padang, Jalan Taman Siswa, Padang, Sumatera Barat, Desember 2017 lalu.

Lumpia rendang diibaratkan sebagai turunan dari daging rendang. Bentuknya tak utuh daging. Seratnya terpisah satu sama lain. Daging itu digiling hampir halus. Lalu, jadilah gabungan yang mirip abon.

Kulit lumpia yang membungkus cacahan rendang tersebut sah menimbulkan panganan ini sebagai camilan. “Kalau rendang biasanya dimakan pakai nasi, lumpia rendang cuma jadi makanan pendamping atau kudapan minum teh,” katanya.

Perannya sebagai makanan kedua atau pendamping justru menciptakan hidangan ini didapuk menjadi sajian unggulan di Restoran Skyline. Proses memasaknya pun tak kalah ripuh dengan menu-menu utama lain bertema daging.

“Cara pengolahannya tetap mirip memasak rendang untuk makan besar,” tutur si koki yang sudah 25 tahun berkecimpung di dapur restoran tersebut. Butuh waktu merebus hingga 4 hingga 5 jam untuk menciptakan daging itu benar-benar empuk.

Proses setelahnya pun masih panjang. Perlu kesabaran koki untuk mengaduk hingga rempah benar-benar meresap dan santan betul-betul mengental.

Cara memasak yang serius menciptakan rasa rendang mendominasi. Kulit lumpia bahkan cuma jadi pemerkaya tekstur. Menu ini biasa disantap bersama saus yang dibikin dari tepung maizena. Rasanya gurih berpadu manis.

Sepiring lumpia rendang untuk porsi dua orang yang dibanderol Rp 30 ribu itu lezat disantap sewaktu sore. Sambil menyeruput teh, dari Restoran Skyline, pengunjung sanggup menikmati matahari terbenam di batas pantai.

Restoran ini ialah gedung tertinggi di Kota Padang. Dari sana, mata sanggup menyapu pandangan 360 derajat: menyaksikan laut, city scape, dan gugusan Bukit Barisan.

Menjelang malam, lampu-lampu kota mulai menyala. Pendar-pendar lampu membentuk ribuan citraan bintang menutup waktu mengemil menjadi manis.

Kalau perut sudah tergelitik lapar, pengunjung juga sanggup merasakan sajian lainnya. Restoran ini menyediakan sajian makan berat. Salah satu yang direkomendasikan dan patut dipertimbangkan untuk dicoba ialah gurami terbang yang dijual seharga Rp 60 ribu.

Restoran Skyline
Alamat: Hotel Ibis Jalan Taman Siswa No.1A, Alai Parak Kopi, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat
Buka: 24 jam
Harga: mulai Rp 8.000 hingga Rp 65 ribu, sudah termasuk pajak

Mengemil Lumpia Rendang Padang Mengemil Lumpia Rendang Padang Reviewed by agus on 1:27 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.