pesan hotel yuk

Pantai Di Gili Meno Lombok



Pantai Di Gili Meno Lombok - Jika Anda mendengar kata Gili, atau dalam Bahasa Sasak berarti pulau kecil, mungkin yang paling Anda ingat ialah Gili Trawangan atau Gili Ayer (Gili Air). Sebenarnya, dikarenakan gili berarti pulau kecil, maka banyak sebutan gili pada pulau-pulau kecil di daerah Lombok.

Tetapi memang kedua gili diatas memang merupakan obyek wisata favorit dari daerah Lombok Nusa Tenggara Barat. Namun sejatinya masih ada tersisa satu nama gili lagi yang pantas Anda coba, bahkan sangat sesuai bagi Anda yang merindukan suasana yang alami dan sedikit keluar dari unsur  modernisasi, namanya ialah Gili Meno.

Bentuk pulau kecil ini cukup unik alasannya ialah mempunyai danau air asin pada bab dalamnya yang disebut dengan Danau Garam, dimana ketika animo kemarau ketika danau ini mengering, maka akan dimanfaatkan penduduk sekitar sebagai tambak garam

Gili meno terletak diantara Gili Trawangan dan Gili Ayer, pulau terkecil diantara ketiganya. Kebanyakan Gili tidak mempunyai pelabuhan, demikian pula dengan Gili Meno. Wisatawan yang mengunjungi tempat ini memakai kapal pesiar, akan berhenti dan agak jauh dari tepi pantai, kemudian wisatawan akan diantar memakai bahtera untuk hingga ke Gili Meno.

Air bahari di seputar pantai Gili Meno sangatlah jernih, sampai-sampai Anda sanggup menatap dasar bahari dari atasnya. Walaupun terdapat cukup banyak wisatawan, pantai ini sanggup dibilang paling sepi dan asri diantara dua gili yang lain, sehingga sangat cocok bagi Anda yang memerlukan ketenangan dan menghilangkan stress atau bahkan berbulan madu.

Pasir pantai pada pulau bab tengah demikian putih higienis ditingkahi pohon pinus yang berjajar sepanjang pantai dan juga tersedia gazebo yang oleh warga sekitar disebut dengan Berunggak. Semua hal tersebut menciptakan suasana nyaman dan santai. Di tempat ini Anda akan lebih banyak menemui turis mancanegara daripada turis domestik.

Meskipun tampak paling sunyi, sesungguhnya terdapat penduduk yang tinggal di pulau kecil ini, namun hanya sekitar 400 orang saja. Kebanyakan penduduk di sini tinggal di sekitar jalan yang menghubungkan bab pulau yang satu ke bab pulau yang lain.

Listrik juga terbilang langka disini. Warga yang tinggal disini kebanyakan masih memakai lilin atau obor sebagai alat penerangan, dan memakai kayu bakar untuk keperluan memasak. Hanya ada beberapa orang atau pemilik penginapan saja yang mempunyai mesin generator untuk pembangkit listrik.


Pada bab Selatan pulau ini Anda akan menemui pasir pantai yang tidak selembut pada bab tengah pantai, namun agak berangasan dan berbatu. Sebaikanya gunakan ganjal kaki yang nyaman dan kondusif untuk berjalan-jalan.

Sifat ombak di bab selatan pun relatif lebih aktif sehingga terdapat wisatawan yang melaksanakan acara selancar disini. Apalagi lokasi pada bab selatan ini tidak terhalang Gili Ayer (Gili Air) sehingga wisatawan lebih leluasa melaksanakan acara ini.

Alat transportasi di pulau ini hanya sepeda dan cidomo. Cidomo ialah alat transportasi dengan tenaga kuda yang merupakan alat transportasi khas Lombok. Kendaraan ini ibarat dengan delman atau andong, hanya saja alat transportasi ini memakai roda kendaraan beroda empat bekas dan bukan roda kayu ibarat kebanyakan dipergunakan oleh delman atau andong.

Anda juga sanggup memanfaatkan Cidomo untuk mengangkut barang bawaan Anda dari bahtera yang biasanya bersandar di sisi Timur pulau menuju ke penginapan Anda. Sementara untuk sepeda akan disediakan para pemilik penginapan di Gili Meno, dan tidak disewakan untuk umum. Kendaraan bermotor tidak boleh beroperasi di tempat ini. Jika Anda menentukan untuk berjalan kaki, dalam waktu kurang lebih 90 menit Anda sudah sanggup mengelilingi pulau ini.

Di Gili Meno juga terdapat lokasi penangkaran penyu bahari yang dikelola oleh Kementrian Perikanan dan Kelautan berjulukan Gili Meno Turtle. Di sekitar tempat penangkaran terdapat papan larangan untuk memasuki tempat ini apalagi mengganggu atau mengambil telur penyu, namun Anda sanggup berpartisipasi membantu dengan turut menyumbangkan sebagian harta ke dalam kotak proteksi yang tersedia.

Selain penyu, disini juga terdapat taman burung atau Gili Meno Bird Park yang terletak di tengah pulau, tepatnya berdekatan dengan danau garam. Di taman ini Anda sanggup menyaksikan jenis burung langka dari dalam negeri maupun mancanegara. Dipulau ini juga populer dengan keindahan biota bahari terutama terumbu karangnya, balasannya karang biru atau Blue Coral sangat dikenal ditempat ini.


Lokasi dan cara menuju ke Gili Meno Lombok

Banyak wisatawan mancanegara yang menuju pulau ini memakai speed boat dari Pulau Bali, Benoa dan Sanur menuju Gili Trawangan dilanjutkan ke Gili Meno. Bagi wisatawan yang menentukan perjalanan yang lebih murah biasanya melaksanakan perjalanan dari Pelabuhan Bangsal Lombok.

Dari pelabuhan ini Anda sanggup menyewa bahtera penduduk untuk menyeberang ke Gili Meno. Diperlukan waktu sekitar 20 menit perjalan dengan bahtera dari pelabuhan Bangsal ke Gili Meno. Namun di pelabuhan Bangsal Anda perlu waspada terhadap orang yang mendatangi Anda menunjukkan jasa dan barang dengan harga tinggi, sebaiknya Anda pribadi menuju ke loket penjualan tiket.

Tarif- tarif di Gili Meno Lombok

Tarif Cidomo untuk berkeliling pulau ialah Rp.170.000,00. Harga tiket bahtera dari pelabuhan Bangsal ke GIli Meno ialah Rp.9.000,00. Dengan harga ini Anda harus cukup bersabar menunggu bahtera yang akan berangkat. JIka Anda tidak sabar, Anda sanggup menyewa bahtera dengan harga sewa sekitar Rp.200.000,00-Rp.250.000,00 sekali jalan.

 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya Pantai Di Gili Meno Lombok

Fasilitas di Gili Meno Lombok

Selain Berunggak, perahu, dan Cidomo, juga sudah ada setidaknya 28 penginapan yang sanggup Anda pilih untuk sanggup bermalam di pulau ini. Penginapan di tengah pulau yang jauh dari pantai lebih murah dan harga sanggup di nego jikalau Anda tiba bukan pada musin berlibur. Cukup banyak tersedia restoran dan café, juga warung makan murah jikalau Anda ingin lebih hemat.

Saran jikalau akan ke Gili Meno Lombok

Sebaiknya jangan terlalu banyak membawa barang bawaan ke tempat ini agar tidak merepotkan Anda, dan sebaiknya membawa uang tunai yang cukup alasannya ialah tidak tersedia Anjungan Tunai Mandiri di sini.

Kegiatan yang sanggup di akukan pengunjung di Gili Meno Lombok

Seperti kebanyakan acara di pantai, Anda sanggup melaksanakan snorkeling mengingat biota bahari yang indah di sini, berenang, berjalan-jalan di pantai, bersantai di Berunggak, menyelam, mengunjungi taman burung, melihat dan membantu berpartisipasi pada penangkaran penyu, mengunjungi resto atau café dan mengadakan api unggun bersama sesama wisatawan.



Pantai Di Gili Meno Lombok Pantai Di Gili Meno Lombok Reviewed by agus on 1:27 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.